Pakde Karwo Silaturahim dengan Veteran, Peju ang, Guru dan Siswa



JATIM, wartadesainfo ; - Seusai Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, acara dilanjutkan dengan ``toast`` dengan kepala perwakilan negara, serta silaturahim dan ramah tamah dengan perintis kemerdekaan, purnawirawan, veteran, wredhatama, warakawuri, dan Forpimda Jatim.

Pakde Karwo melakukan ``toast`` bersama para Konsulat Jenderal (Konjen) perwakilan negara sahabat. Acara dimulai tepat pukul 10.30 WIB seusai upacara peringatan HUT RI ke-68 di halaman Gedung Negara Grahadi.

 Konjen Republik Rakyat Tiongkok (RRT) yang mewakili perwakilan negara sahabat, Mr. Wang Huagen mengucapkan selamat atas kemerdekaan RI yang telah berusia 68 tahun. Ia mendoakan agar Presiden RI dan seluruh masyarakat senantiasa sejahtera.


Ucapan tersebut mendapat sambutan hangat dari Pakde Karwo yang mewakili Forpimda dan masyarakat Jatim mengajak para Konjen untuk menjaga perdamaian, keamanan, serta iklim yang kondusif. ``Mari kita bersama-sama menyampaikan salam sejahtera dan keselamatan bagi yang mulia Presiden RI beserta keluarga, bangsa, dan negara Indonesia`` tuturnya.

 Pakde Karwo yang didampingi istri menghampiri para Konjen negara sahabat untuk melakukan Toast, diikuti oleh Forpimda diantaranya Ketua DPRD Jatim, Kapolda Jatim, Pangdam V/Brawijaya, dan Kajati Jatim.

Seusai  ``toast`` melanjutkan kegiatan silaturahim dengan perintis kemerdekaan, purnawirawan, veteran, wredhatama, warakawuri, dan Forpimda Jatim. Dalam kesempatan itu, Pakde Karwo berjanji akan menjaga Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.
Selain itu Pakde juga menyatakan konsisten meneruskan cita-cita para pejuang meski terus emndapat ujian. Ujian yang paling berat adalah bergulirnya demokrasi, mulai dari demokrasi terpimpin, demokrasi musyawarah mufakat menajdi demokrasi liberal atau semua serba boleh. ``Karena itu saya akan meneruskan dan meletakkan musyawarah mufakat menjadi inti demokrasi,`` tegasnya

Menurut Pakde Karwo, para pejuang bukan hanya para veteran dan pejuang tetapi guru, siswa, seniman itu juga menjadi pejuang karena ikut menjaga nilai budaya dan kerukunan.

Dalam kesempatan itu, Pakde Karwo didampingi Bude Karwo memberikan bingkisan / tali asih kepada 200 orang veteran, purnawirawan, wredathama, dan pejuang ’45, yang diwakili Sri Padangsih (wanita veteran), Drs. H. Wasito, MM (wredathama), Samidi (purnawirawan), dan Soenardi (pejuang ’45). Paket bingkisan berisi 1 set sprei, 1 kaleng biskuit, 1 kaleng wafer, 1 kotak teh, dan 1 kotak minuman serbuk, serta bantuan transport.
Seusai penyerahan penghargaan dilanjutkan dengan ramah tamah yang diawali dengan pemotongan tumpeng. Potongan tumpeng pertama diserahkan kepada LVRI Surabaya Hartoyik.

    Pakde Karwo juga menyerahkan piagam penghargaan dan trophy pemenang berbagai lomba. Penerima penghargaan merupakan juara kedua dari berbagai lomba yang dilaksanakan, sedangkan untuk juara pertama menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Presiden RI dalam kegiatan yang sama di Istana Negara Jakarta.


# (Humas Pemprov Jatim)