Pakde Karwo Ajak Fotografer Promosikan Keindahan Jatim



JATIM - Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo mengajak para fotografer untuk mempromosikan keindahan Jatim. Hal Ini bertujuan untuk mendukung program Pemprov Jatim yang mencanangkan tahun 2014 mendatang sebagai Tahun Budaya.

Pakde Karwo, sapaan lekat Gubernur Jatim mengatakan bahwa salah satu agenda dalam program tersebut adalah merumuskan bersama budayawan se-Indonesia tentang kehidupan berbudaya yang lebih beradab dalam pembangunan ekonomi di negeri ini. Selain itu, Pemprov juga menggencarkan promosi budaya dan pariwisata Jatim.

``Fotografer mengambil peran penting untuk suksesnya program Tahun Budaya. Yaitu dengan mengabadikan dan mempromosikan keindahan budaya dan obyek wisata di Jatim lewat jepretan kamera`` kata Pakde Karwo saat penyerahan hadiah kepada pemenang lomba Foto Soekarwo dan Saifullah Yusuf (Karsa) di Atrium Tunjungan Plaza 2, Minggu (8/9).

Pakde Karwo mencontohkan, salah satu keindahan obyek wisata di Jatim adalah Gunung Bromo. Gunung tersebut merupakan gunung terindah nomor tiga di dunia. Di sekitarnya juga terdapat beberapa obyek wisata yang tak kalah menariknya. Seperti Gunung Semeru, Gua Widodaren dan Bukit Teletubbies .
Pria nomor satu di jajaran Pemprov Jatim itu optimis program Tahun Budaya akan semakin terdengar gaungnya di masyarakat luas bila fotografer turut mendukungnya. Optimisme Pakde karwo bukan tanpa alasan, sebab hasil jepretan para fotografer yang mengikuti lomba Foto Karsa sangat bagus, unik, kreatif, dan menarik.

    Berbagai foto hasil karya peserta yang diunggah ke website www.lombafotokarsa.com menunjukkan bahwa mereka memiliki bakat, kreativitas, dan passion yang tinggi di bidang fotografi. ``Saya sangat senang dan bangga, para fotografer ini sangat pintar dalam mencari sudut pandang yang pas saat mengabadikan foto`` puji Pakde Karwo sembari melihat foto-foto para pemenang yang ditampilkan melalui slide show.

Pada kesempatan itu, mewakili panitia lomba Foto Karsa, Arif Afandi mengatakan, lomba ini bertujuan untuk mendekatkan masyarakat, khususnya fotografer kepada pasangan Karsa sebagai sosok pemimpin di Jatim. Lomba diikuti sekitar 300 peserta. Lomba ini berhadiah total senilai Rp. 77 juta dan 3 Kamera DSLR.

Lebih jauh disampaikannya, Lomba Foto Karsa dibagi dalam tiga kategori. Yaitu Kategori Umum DSLR, Kategori Gadget, dan Kategori Jurnalis. Juara Pertama Kategori Umum DSLR adalah Wempy Roberto dengan foto berjudul ``Pilihanku Satu``, Juara Pertama Kategori Gadget adalah Karya Bintang, dengan foto berjudul ``Smash-an Pakde``, dan Juara Pertama Kategori Jurnalis adalah Akbar Insani dengan foto berjudul ``Cukur Rambut``. (*)


# humasjatim