Ponorogo : Grebeg Pasar KB

Ponorogo, wartadesaUntuk kesekian kalinya Pemerintah Kabupaten Ponorogo melalui Badan Keluarga Berencana menggelar grebeg pasar KB Rabu 4 Desember 2013 di Kecamatan Ngrayun.

Grebeg pasar itu sendiri  merupakan gerakan pemberdayaan keluarga pas sasaran dan merupakan terobosan kali pertama di Jawa Timur dan satu-satunya di Indonesia yang  memiliki efektivitas tinggi sebagai program pendekatan pelayanan dan percepatan pencapaian program KB.

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Ponorogo H. Amin, SH, Bupati berharap adanya keberhasilan program KB yang nyata di Kabupaten Ponorogo.

Dengan dua anak setiap rumah tangga mampu melakukan perencanaan perkembangan pendidikan. Selain itu namanya program harus konsisten sehingga dapat diketahui dampak positifnya dan pas sasaran. Pemerintah Kabupaten Ponorogo telah berupaya melakukan hal-hal antara lain meperkuat system pelayanan KB dengan cara memfasilitasi sarana dan prasarana pelayanan KB, mengadakan kegiatan gerakan pas sasaran (grebeg pasar) dalam pelayanan KB, memperkuat sisten KIE, menyiapkan tenaga provider pelayanan KB yang berkwalitas dan berkompeten, mengoptimalkan 337 klinik KB, melaksanakan KB pasca persalinan, pembentukan pusat pelayanan keluarga sejahtera serta peningkatan kerjasama dengan media elektronik.

Untuk urusan kependudukan dam KB bukan hanya urusan satker saja, namun urusan wajib yang harus dijalankan oleh seluruh satuan kerja perangkat daerah. Oleh karena itu urusan kependudukan dan KB menjadi tugas dan tanggung jawab kita semua dengan meningkatkan koordinasi dan komitmen dalam pelayanan KB serta memprioritaskan sasarannya kepada keluarga miskin. (*)






Sumber : Humas Ponorogo