10 Kota Terbaik di Indonesia



Mendagri Gamawan Fauzi
Jakarta, (wart@ desa) ; -
Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan penghargaan kepada beberapa provinsi, serta kabupaten / kota yang dianggap memiliki kinerja terbaik, tercatat ada 10 kota terbaik di Indonesia.
10 kota tersebut yakni, Kota Tangerang, Madiun, Yogyakarta, Depok, Medan, Cimahi, Surakarta, Mojokerto, Tegal, dan Kota Sawahlunto.
Menurut Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi itu dilihat dari kinerja pemerintahan, dan tingkat kesejahteraan masyarakatnya. Daerah yang mendapat predikat terbaik ini, kata Gamawan, akan dijadikan sebagai referensi oleh pemerintah untuk memberikan fasilitas atau sarana dan prasarana untuk kemajuan daerah tersebut.
"Ini juga merupakan acuan sebagai upaya pengembangan ke depan dan ini harus digunakan untuk memangku kepentingan masyarakat," kata Gamawan Fauzi di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (25/4/2013).

Gamawan juga menambahkan, 10 Kota itu juga akan dijadikan contoh pada daerah-daerah yang kurang baik. "Harus ada terobosan dan kerja keras agar seluruh daerah dapat berperingkat baik," sambungnya.
Sementara itu, untuk tingkat provinsi terbaik, Kemendagri memilih Jawa Timur sebagai provinsi yang paling berprestasi di Indonesia, disusul oleh Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Sulawesi Selatan.
Selain ketiga provinsi tersebut Kemendagri juga memberikan penghargaan kepada kabupaten terbaik, yakni Tuban, Tulungagung, Jombang, Pacitan, Purbalingga, Semarang, Enrekang, Sleman, dan Jepara.

# Sumber : Kemendagri