Ponorogo ; Pusat Kajian Seni Reyog



PONOROGO, (wartadesainfo) ; - Dalam upaya memelihara serta mengembangkan Kesenian Reyog Ponorogo, SMA Negeri 1 Ponorogo sebagai penggagas pembentukan pusat kajian seni reyog ponorogo, dengan mendatangkan ISI Jogjakarta.
 Hal ini ini diwujudkan dengan duduk dalam 1 ruangan dan membicarakan masalah pembentukan pusat kajian latihan seni reyog ponorogo, acara berlangsung di rumah makan bantarangin kamis 26 Juni 2013,
ISI jogjakarta yang terdiri dari 10 dosen seni dan budaya menyampaikan gagasan-gagasan untuk pembentukan pusat kajian ini sebagai pelestarian seni Reyog Ponorogo.
Karena ideologi Reyog Ponorogo harus tetap dipertahankan. gagasan ini jangan bersifat individual karena menyangkut nilai-nilai dari wawasan masa lalu dari awal terciptanya seni reyog Ponorogo. Pusat kajian ini sebagai wadah tempat berlatih,dan program-program.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Ponorogo atas nama Pemerintah ponorogo menyampaikan ; ‘’bahwa Pemerintah begitu peduli dengan kesenian reyog ini bahkan dengan Reyog harus bisa mempunyai nilai jual yang tinggi. Nilai jual disini bukan berarti Reyog ini dijual ke negara lain. tapi bagaimana para seniman dan seluruh masyarakat ponorogo bisa mempunyai tambahan ekonomi karena reyog. Mulai dari pengrajinnya, penarinya, dan karena ada pertunjukan reyog mulai dari tukang parkir hingga penyedia properti bisa merasakan dampak ekonominya.
Untuk itu Reyog bisa hidup diseluruh wilayah ponorogo, tidak hanya di satu tempat, untuk itu alangkah indahnya kalau ada Musium reyog diponorogo ini. dengan adanya musium reyog kita bisa mengkaji tentang reyog ponorogo.

# Humas Ponorogo