Terus Berkarya, Bantu Program Pembangunan Pemerintah



JATIM, (wartadesainfo) ; - Sekretaris Daerah Prov. Jatim Dr. H. Rasiyo, MSi berpesan kepada para purna tugas di lingkungan Pemprov Jatim agar terus berkarya, ikut membantu melaksanakan program pembangunan yang dilakukan pemerintah, antara lain  menekan angka pengangguran, mengurangi angka kemiskinan, mengurangi disparitas, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Jatim.
``Teruslah berkarya. Jangan berhenti bekerja, tolong bantu pemerintah dalam melaksanakan pembangunan demi tercapainya percepatan perwujudan masyarakat makmur dan sejahtera,`` pesannya saat melepas purna tugas PNS di lingkungan Pemprov Jatim, di Gedung Negara Grahadi, Jumat (21/6).

Ditegaskan pula,  bahwa purna tugas bukan berarti berhenti melakukan kegiatan, tetapi harus lebih banyak berkarya, lebih banyak mempunyai waktu dan bebas untuk melakukan kegiatan. PNS yang telah purna tugas sebagai abdi Negara tentu mempunyai pengetahuan dan pengalaman yang dapat dikembangkan, utamanya untuk membantu pemerintah melaksanakan program pembangunan. Misalnya untuk menekan angka pengangguran, mengurangi angka kemiskinan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menekan disparitas, serta meningkatkan indeks pembangunan manusia.
Dicontohkan, PNS purna tugas dapat membentuk sebuah koperasi yang anggotanya berasal dari para purna tugas,  ditambah dengan warga di lingkungan sekitar tempat tinggal. Apabila tidak mempunyai modal dapat mengajukan ke Bank milik Pemprov Jatim yaitu Bank UMKM. Kegiatan tersebut  diharapkan akan menumbuhkan tingkat perekonomian, membantu mengurangi pengangguran.
Sebelum mengakhiri sambutannya, Sekda menyampaikan terima kepada Purna tugas yang telah selesai mengabdikan diri untuk bangsa dan Negara.``Terima kasih kepada seluruh Purna Tugas yang telah lulus dengan predikat  summa cum laude. Menyelesaikan pengabdian dan pekerjaan tanpa meninggalkan masalah,``ucapnya.
Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Prov. Jatim Dr. Akmal Boedianto mengatakan bahwa PNS di Lingkungan Pemprov Jatim yang telah purna tugas periode April – Mei 2013 sebanyak 1.297 orang yang terdiri dari PNS laki-laki sebanyak 905 orang dan 392 perempuan. Sedangkan yang mengikuti pelepasan sebanyak 145 orang, terdiri dari 99 laki-laki dan 46 perempuan, golongan IV sebanyak 43 orang, golongan III sebanyak 84 orang, dan golongan II 18 orang. 
Pelepasan Purna Tugas menurut Akmal Boedianto sebagai sarana yang dilakukan pemerintah untuk menyampaikan terima kasih kepada para purna tugas yang telah mengabdikan diri untuk negara, juga sebagai sarana untuk menumbuhkembangkan tali silaturahim diantara para purna tugas.
``Seluruh purna tugas pada kesempatan ini menerima SK Pensiun, Karip (kartu identitas pension), dan sebagai rasa terima kasih kepada para purna tugas Gubernur Jatim memberikan penghargaan kepada setiap purna tugas berupa uang sebesar satu kali gaji. Pemberian ini hanya dilakukan oleh Pemprov. Jatim, satu-satunya di Indonesia,``jelasnya.



# Humas Pemprov Jatim