Ribuan masyarakat Rayakan Lebaran Enam - Ziarah Kubur



Masyarakat bangkinang
Bangkinang - Ribuan masyarakat merayakan Lebaran Enam-Ziarah Kubur. Dikecamatan Bangkinang Kamis (15/8/13). Tak hanya warga setempat, masyarakat Bangkinang yang ada diperantauan seperti Malaysia, Pulau Jawa dan sejumlah daerah di Riau, berkumpul.

Wakil Gubernur Riau HR. Mambang Mit, Bupati Kampar Jefry Noer, walikota Pekanbaru Firdaus, Wakil Ketua DPRD Kampar Eva Yuliana, juga menjadi bagian dari iring-iringan masyarakat itu yang berasal dari lima persukuan. Domo, Melayu, Mandailiong, Pitopang dan Piliang. Sekitar pukul 07.00 wib Mambang Mit membuka secara resmi iring-iringan ziarah kubur itu di Masjid Al Mujahidin persis di depan Makam Pahlawan Perang Datuk Tabano Dusum Uai Desa Muara Uai Kecamatan Bangkinang.

‘’ Saya berharap kita terus menjaga dan melestarikan tradisi ini, sebab tradisi semacam ini sangat langka di Riau,’’ujar Mambang Mit.

Sementara itu Bupati Kampar Jefry Noer juga berharap demikian. Sebab ziarah kubur bukan sekedar arak-arakan dari komplek pekuburan yang satu ke pekuburan lain sembari mengirimkan doa kepada arwah mereka yang sudah berpulang.


‘’Lebih dari itu ziarah kubur ini adalah moment penting bagi jalinan silaturhami. Di momem lebaran enam ini kita melihat kebersamaan kita masih sangat kuat, lihat saja begitu banyak warga yang ikut ziarah kubur,’’terang Jefry.


Dari Masjid Al Mujahidin persis di depan Makam Pahlawan Perang Datuk Tabano Dusum Uai Desa Muara Uai Kecamatan Bangkinang tersebut rombongan kemudian bergerak ke komplek pekuburan Mandiliong, sekitar 3 kilometer dari masjid tadi. Disana Bupati Kampar Jefry Noer bersama Mambang Mit, Firdaus dan ratusan warga bersama-sama mengirimkan doa kepada arwah mereka yang dimakamkan dipekuburan tersebut.



# Sumber :  Riauterkini