Panen Raya Jagung

Ponorogo, wartadesainfo  - Dalam setahun kebutuhan jagung di Kabupaten Ponorogo sekitar 5.000 ton  yang mana jagung tersebut mayoritas digunakan untuk kebutuhan pangan, makanan olahan maupun pakan ternak.

Berdasarkan data dari Dinas Pertanian Kabupatern Ponorogo produksi jagung tahun 2013 ini mencapai 7.000 ton jauh meningkat dibandingkan dari tahun sebelumnya yang hanya sekitar 6.000 ton dengan luas lahan sekitar 450 hektare.

Tingginya potensi ekonomi jagung membuat petani lebih tertarik menanam jagung dan hal ini dibuktikannya dengan penyelenggaraan panen raya jagung pada hari Selasa 22 Oktober 2013 bertempat di Desa Pohijo Kecamatan sampung yang dipimpin langsung oleh Bupati Ponorogo H. Amin, SH. Menurut Bupati peningkatan produksi jagung menunjukkan kesadaran petani dalam merawat tanaman jagung walaupun semakin jumlah lahan pertanian menyempit.

Selain itu peningkatan kualitas dan kuantitas produksi jagung bisa meningkatkan kesejahteraan petani sebab jagung menjadi tanaman alternatif saat musim kemarau.

Nilai ekonomis yang tinggi bisa menjadi sumber pendapatan petani dan supaya hasilnya maksimal pemkab akan menambah sarana dan prasarana produksi seperti halnya sumur pompa dalam, mesin tepat guna dan lain sebagainya.




sumber : Humas Ponorogo